Minggu, 13 Januari 2008

Konsep Acara

Konsep acara terbagi atas 4 bagian besar, yaitu:

Temu Kangen
Kegiatan ini dirancang untuk dan oleh para alumni per angkatan. Forum ini lebih banyak untuk bernostalgia antar sesama angkatan atau antar angkatan, serta dengan para dosen. Format acara temu kangen ini diserahkan kepada tiap-tiap angkatan (misalkan; rujakan, makan bakso, dll). Untuk itu, tiap angkatan akan ditunjuk seorang koordinator yang akan merancang dan mengkoordinir angkatannya untuk bisa hadir di Family Gathering ini. Pihak panitia hanya akan menyediakan tempat.

Temu Peluang
Kegiatan ini dirancang dari alumni untuk mahasiswa. Para alumni yang telah mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan sekolah ke luar negeri diminta untuk bertukar pengalaman, mulai dari berburu beasiswa sampai tip mendapatkan beasiswa, termasuk peluang kerjanya. Bentuk acaranya adalah seminar dan diskusi, dengan tema “Beasiswa & Peluang Kerja”

Temu Ilmiah
Kegiatan ini dirancang dari alumni untuk alumni, mahasiswa, dan sivitas akademika FKMUI. Format acaranya adalah Seminar & diskusi (talk-show), dengan narasumbernya adalah para alumni dan para pakar dibidang kesehatan masyarakat. Temu ilmiah ada 2 kegiatan, yaitu temu ilmiah pleno dan satelite/paralel. Untuk pleno akan diisi oleh Dr. dr. Siti Fadilah Supari Sp.JP (K) (Menteri Kesehatan RI)[1] dan Prof. Hasbullah Thabrany, dr, MPH, DR.PH (Dekan FKMUI).

Untuk temu ilmiah satelite, kegiatan akan diparalelkan menjadi 3 tema yaitu bidang Industri, Government (Pemerintah), dan Non Goverment (Non Pemerintah). Di setiap tema akan ada pembicara sebanyak 3 sampai 4 orang.

Temu Organisasi
Puncak acara akan ditutup dengan temu organisasi. Acara ini hanya dikhususkan untuk para alumni FKMUI. Forum ini merupakan Musyawarah ILUNI FKM UI untuk pertanggungjawaban pengurus lama dan membentuk kepengurusan ILUNI FKMUI periode selanjutnya.

Selain itu, akan ada kegiatan tambahan berupa bazaar, pameran foto tempo doelo, door prize, dan games bagi anak-anak, serta kegiatan menarik dan seru lainnya.

[1] Masih dalam konfirmasi, 60% bisa hadir di acara tersebut





2. Waktu dan Tempat Pelaksanaan

Kegiatan akan dilaksanakan 1 hari, Kamis, 7 Februari 2008. Kegiatan ini kami sebut “Public Health Gathering”.

Acara ini akan dilangsungkan di Gedung FKMUI, Kampus UI, Depok. Lokasi acara akan diadakan di beberapa tempat, yaitu Gedung A, Gedung G, dan Lobby serta Taman Mangga.


3. Peserta

Para Alumni FKMUI dari semua angkatan dan varians (D3, S1, S2, dan S3), serta civitas akademika FKMUI. Acara ini diharapkan dapat dihadiri sekitar 1000 alumni dan 500 civitas akademika FKMUI.



4. Format Acara

Acara “Public Health Gathering” menggunakan konsep acara cafetaria. Format Cafetaria adalah peserta (para alumni) dapat memilih acara sesuai dengan kebutuhannya, baik yang sifatnya ilmiah maupun tidak ilmiah, mulai pukul 09.00-12.30. Namun, pada pukul 13.00-16.00, seluruh ILUNI akan berkumpul untuk mengadakan sidang organisasi Iluni FKMUI, yaitu mendengarkan pertanggungjawaban pengurus lama, membentuk pengurus baru, dan menyusun program kerja ke depan (terutama pengurus terpilih). Konsep acara terbagi menjadi 4 bagian (lihat penjelasan pada konsep acara). Detail waktu dan sesi acara seperti pada bagan berikut ini.




1 komentar:

Husein Habsyi mengatakan...

Teman-teman,
Sebagus apapun konsep acaranya, Public Health Gathering tak akan sukses jika alumni yang datang sedikit jumlahnya! Untuk itu, demi kemajuan kita bersama, ayo langkahkan kaki Anda pada hari libur 7 Februari 2008 ke Kampus FKM-UI, dari pagi sampai siang! Ajak keluarga juga OK-OK aja!
Sampai jumpa!